Cara Menjadi Star Seller Shopee Dalam 1 Bulan

Cara Menjadi Star Seller Shopee Dalam 1 Bulan - Berjualan online di marketplace seperti shopee jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh hasilnya memang cukup menjanjikan, karena sudah terbukti banyak pebisnis online yang sukses dengan omset ratusan juta rupiah perbulan hanya dengan memanfaatkan aplikasi marketplace shopee.
Cara Menjadi Star Seller Shopee Dalam 1 Bulan
Berbisnis online biasanya hanyalah merupakan sesuatu yang awalnya hanya coba-coba saja untuk mengisi waktu luang dan mencari pekerjaan sampingan agar memperoleh penghasilan tambahan. Namun terkadang justru bisa berubah menjadi suatu hal yang sangat menguntungkan dan dan menghasilkan keuntungan ratusan juta rupiah, sehingga rela meninggalkan pekerjaan aslinya kemudian menggeluti bisnis online di shopee secara sungguh-sungguh.

Untuk bisa sukses berjualan online di shopee memang tidak mudah dan tidak bisa didapatkan secara instant. Semua itu butuh proses, butuh kesabaran, ketekunan, pengalaman, dan ilmu pengetahuan mengenai tips serta teknik berjualan online di shopee.

Nah bagi anda yang entah sengaja atau tidak sengaja membaca postingan ini, maka mungkin anda termasuk orang yang beruntung, karena pada postingan ini saya akan memberikan beberapa tips agar sukses berjualan online di shopee, salah satunya adalah tips menjadi star seller dalam kurun waktu yang sangat singkat yaitu 1 Bulan.

Tips ini merupakan pengalaman pribadi saya sendiri, dimana saya bisa menjadi star seller shopee dalam waktu kurang dari 6 minggu. Awalnya saya sendiri sempat kaget dan tidak pernah menduga sama sekali, bahwa dalam waktu sesingkat itu saya sudah diterima menjadi star seller shopee. Padahal istri saya yang sudah berjualan di shopee selama kurang lebih 3 bulan belum diterima menjadi star seller.

Tips agar cepat menjadi star seller shopee
Berjalan satu bulan hingga dua bulan, order dari shopee sudah lumayan rame. Dalam satu hari bisa 3 sampai 5 pengiriman, dan rata-rata setiap hari bisa menjual 3 sampai 8 pakaian batik. Keuntungannya lumayan bisa untuk beli lauk dan beras setiap harinya.

Melihat perkembangan tersebut, saya berfikir bahwa bisnis online di shopee ini jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh memiliki prosek yang cukup menjanjikan, sehingga saya pun memutuskan untuk ikut-ikutan daftar dan membuat akun shopee dan memasarkan baju batik yang dijual istri saya.

Sedikit demi sedikit saya pelajari tips-tips berjualan online di shopee agar cepat laku, mulai dari membuat postingan produk yang benar, membuat judul dan deskripsi yang baik, sampai cara berpromosi dan cara meningkatkan penjualan di shopee. Alhamdulillah setelah dua bulan berjualan online di shopee sekarang dalam satu hari bisa memperoleh 10 sampai 15 pengiriman. Hal tersebut saya peroleh setelah diterima menjadi star seller shopee.

Nah disini saya akan membuat rangkuman singkat bagaimana cara agar bisa menjadi star seller shopee dengan cepat sehingga omzet penjualan bisa meningkat.

Syarat menjadi star seller shopee
1. Identitas KTP telah disetujui oleh shopee
2. Prosentase chat dibalas adalah 80 %
3. Penilaian toko minimal 4.5
4. Total order bulanan diatas 50 transaksi
5. Rata-rata waktu pengemasan maksimal adalah 2 hari
6. Tingkat pesanan tidak terselesaikan kurang dari 10%
7. Tingkat keterlambatan pengiriman kurang dari 5%
8. Point pinalti 0
9. Tidak melanggar kebijakan shopee

Manfaat dan keuntungan menjadi star seller shopee
Ada banyak sekali keuntungan yang anda dapatkan setelah diterima menjadi star seller shopee, apa saja keuntungan tersebut? Silahkan simak uraian ini:

1. Meningkatkan kredibilitas sebagai penjual
Calon pembeli pasti akan memilih untuk membeli suatu barang dari onlineshop di shopee yang sudah memiliki kredibilitas yang baik, mempunyai ulasan-ulasan dengan nilai yang baik, dan sudah diterima menjadi star seller. Saya akui hal tersebut juga saya alami sendiri ketika dahulu saya hendak membeli barang secara online, pasti saya akan melihat-lihat terlebih dahulu profil dari toko tersebut. Apakah sudah banyak barang yang terjual, bagaimana penilaian dan komentar-komentar dari para konsumennya.

2. Meningkatkan omzet peenjualan
Omzet penjualan sebuah toko shopee yang telah diterima menjadi star seller tentu akan lebih meningkat jika dibandingkan pada saat belum diterima menjadi star seller. Selain itu pembeli tentu akan lebih percaya dan yakin dengan star seller shopee jika dibandingkan dengan toko yang masih baru dan belum memiliki tingkat penjualan yang besar.

3. Memperoleh promo shopee
Banyak sekali promo shopee yang dapat dimanfaat untuk meningkatkan penjualan dan hanya diberikan kepada toko yang sudah menjadi star seller. Promo-promo tersebut diantaranya seperti shopee mall, flash sale, kupon, dan lain sebagainya.

Cara agar diterima menjadi star seller shopee dalam waktu yang singkat
Sebelumnya saya akan sedikit memberikan gambaran dan definisi mengenai star seller shopee. Star seller adalah penjual yang terpilih oleh shopee, dimana hal tersebut merupakan apresiasi dari shopee terhadap penjual yang aktif dan memiliki pelayanan terhadap pelanggan dengan baik.

1. Ikuti kebijakan dan peraturan shopee
Jika anda ingin sukses berjualan online di shopee, maka jangan sekali-kali anda mencoba menyalahi peraturan dan kebijakan shopee, karena jika anda melanggar peraturan dan kebijakan shopee maka akan beresiko pemblokiran terhadap akun shopee anda. Jadi pastikan anda membaca terlebih dahulu secara seksama kebijakan dan peraturan shopee, dan hindari hal-hal yang sekiranya melanggar kebijakan shopee.

2. Penuhi persyaratan upload identitas KTP dan foto closeup
Setelah anda mendaftar shopee dan ingin mengaktifkan fitur free ongkir shopee, biasanya anda akan diminta untuk mengupload scan KTP dan foto closeup dengan memegang KTP. Hal tersebut adalah untuk melindungi pembeli dari penipuan, sehingga ketika penjual melakukan penipuan, pihak shopee akan lebih mudah untuk melacak identitas penjual.

3. Upload produk dengan kualitas foto yang baik
Usahakan untuk selalu mengupload produk yang anda jual dengan menggunakan foto yang bagus dan menarik pembeli. Usahakan juga foto yang anda upload adalah foto asli (real pict) bukan foto hasil download dimana terkadang produk yang anda jual berbeda dengan foto yanganda upload

4. Buat judul dan deskripsi produk dengan benar
Judul produk harus menarik pembeli dan mengandung kata kunci, tapi tidak menyalahi kebijakan shopee, misalnya dengan membuat judul produk yang mengandung spam. Misalnya anda menjual blus batik, tapi didalam judul anda tulis “blus atau dress atau outer batik murah”. Nah disitu terdapat spam, dimana blus dan dress dan outer merupakan produk yang berbeda, sehingga produk anda sangat rawan dicekal/ diblokir oleh pihak shopee.

Deskripsi produk harus jelas dan detail menggambarkan produk yang anda jual, mulai dari bahan, warna, ukuran, motif, tata cara pembelian, dan lain sebagainya. Perlu anda ingat, jangan pernah memasukkan nomor telepon, whatsapp, bbm, kedalam deskripsi produk.

Deskripsi harus mengandung kata kunci dan hastag (#) untuk mempermudah calon pembeli menemukan produk yang anda jual.

5. Harga bersaing (lebih murah) dari produk sejenis
Jangan mengambil keuntungan terlalu besar, lebih baik anda mengambil untung sedikit tapi barang laku banyak, daripada anda mengambil untuk besar tapi barang tisak laku-laku.Misalkan orang menjual produk serupa dengan harga Rp.100.000, maka anda bisa menjual dengan harga Rp.97.500,-. Meskipun hanya selisih 2.500 rupiah saja, biasanya hal tersebut cukup efektif untuk menarik minat pembeli, karena pembeli pasti akan memilih barang yang harganya lebih murah.

6. Balas chat pelanggan dengan baik dan ramah
Keriteria untuk menjadi star seller shopee adalah prosentase chat dibalas diatas 80%, jadi usahakan untuk selalu membalas chat dari calon pembeli dengan ramah dan fast respon. Bagaimanapun juga, pembeli adalah raja, jadi jangan bosan untuk membalas chat dari calon pembeli yang banyak bertanya ini dan itu. Semakin baik dan cepat anda merespon chat dari pembeli, maka semakin bagus pula penilaian prosentase chat dibalas.

7. Pengiriman tepat waktu
Usahakan untuk mengirim barang yang anda jual secara tepat waktu dan secepat mungkin. Pihak shopee biasanya memberikan batas waktu pengiriman 2 hari setelah pembayaran, ini jika anda tidak mengaktifkan fitur pre order. Jika anda mengaktifkan fitur pre order tersebut, anda bisa mensetting sendiri batas waktu pengiriman, misalnya sampai 7 hari.

Akan tetapi jika anda ingin cepat meraih predikat star selle sebaiknya anda tidak mengaktifkan fitur pre order, karena anda harus dapat melakukan pengiriman barang kurang dari dua hari kerja.

8. Hindari kesalahan dan keterlambatan pengiriman
Dua hal ini bisa menjadi sangat fatal jika sering terjadi pada toko shopee anda, karena jika anda melakukan keterlambatan pengiriman dengan rosentasi diatas 5%, maka anda akan sangat sulit sekali untuk diterima menjadi star seller. Bahkan ketika sudah menjadi star seller, dan sering melakukan keterlambatan pengiriman, predikat star seller tersebut bisa dicabut oleh pihak shopee.

9. Update produk secara rutin untuk menghindari pembatalan
Ketika anda menjual seuatu produk dengan menggunakan banyak media baik secara online ataupun offline (tidak hanya melalui shopee saja), maka stok produk pada toko shopee anda biasanya tidak akurat. Misalnya di shopee produk masih tertulis tersedia 10 pcs, padahal aslinya produk sudah habis karena dijual lewat media lain. Maka ketika ada pembeli yang memesan dan sudah melakukan pembayaran terhadap produk tersebut, anda akan kelabakan karena tidak bisa mengirim produk tepat waktu, akhirnya terjadilah pembatalan transaksi.

10. Naikkan produk secara rutin
Shopee memberikan fitur untuk menaikkan produk yang anda jual secara gratis, meskipun jumlah produk yang bisa dinaikkan dibatasi hanya sampai 5 produk saja. Tapi cukup lumayan untuk dapat menaikkan rating peroduk yang anda jual, karena bisa tampil di halaman pencarian dan halaman rekomendasi shopee.

11. Promosikan produk
Gunakan alat promosi produk secara berbayar yang telah disediakan oleh shopee, misalkan dengan menggunakan fitur iklan berbayar. Cara tersebut cukup efektif dan ampuh untuk meningkatkan rating dan view produk shopee.

Dengan menerapkan beberapa tips dan teknik diatas, saya sudah membuktikan sendiri dan berhasil diterima menjadi star seller shopee dalam kurun waktu kurang dari 6 minggu. Dan alhamdulillah setelah menjadi star seller, sekarang orderan semakin banyak.

Star Seller Shopee  (sebelumnya dikenal sebagai Penjual Terpilih Shopee) merupakan apresiasi untuk Penjual yang aktif dan memiliki pelayanan pelanggan yang baik.

Detil kriteria Star Seller Shopee adalah sebagai berikut:
Kriteria untuk menjadi Star Seller:

  • Telah memiliki KTP yang terdaftar dan disetujui oleh Shopee. (Klik di sini untuk upload foto KTP jika Penjual belum memiliki KTP yang terdaftar)
  • Toko memiliki persentase chat dibalas >= 80%
  • Toko memiliki penilaian >= 4.5
  • Toko memiliki persentase produk Pre-order <=20% atau >20% maks. dalam 5 hari
  • Toko memiliki min. jumlah transaksi berhasil sebanyak 100 pesanan pada bulan sebelumnya
  • Toko melayani >= 25 Pembeli berbeda pada bulan sebelumnya
  • Toko tidak memiliki poin penalti
  • Toko tidak memiliki riwayat pesanan yang tidak wajar, kejanggalan pada aktivitas akun, atau penyalahgunaan program dari Shopee untuk kepentingan pribadi

Apabila Penjual telah menjadi Star Seller, Penjual harus mempertahankan kriteria berikut untuk tetap menjadi Star Seller:

  • Toko memiliki persentase chat dibalas >= 70%
  • Toko mempunyai penilaian >= 4.5
  • Toko memiliki persentase produk Pre-order <=20% atau >20% maks. dalam 5 hari
  • Toko memiliki min. jumlah transaksi berhasil sebanyak >= 50 pesanan pada bulan sebelumnya
  • Toko memiliki poin penalti < 3 poin
  • Toko tidak memiliki riwayat pesanan yang tidak wajar, kejanggalan pada aktivitas akun, atau penyalahgunaan program dari Shopee untuk kepentingan pribadi

Penjual juga tidak diperbolehkan menjual barang-barang berikut untuk terdaftar sebagai Star Seller:
Barang-barang, deskripsi produk, dan kemasan yang mengandung unsur barang palsu atau tiruan produk yang melanggar hak cipta atau merek dagang tertentu seperti:

  • Terdapat logo merek terkenal yang diduga KW di foto produk
  • Terdapat keterangan seperti KW/ KW SUPER/ REPLIKA/ SEMI ORI/ GRADE ORI/ GRADE AAA/ SUPER COPY/ REPLIKA (kecuali original) pada nama produk dan deskripsi produk
  • Produk perawatan kulit yang tidak memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
  • Produk-produk yang berhubungan dengan kesehatan (suplemen kesehatan/ vitamin, obat racikan/ resep dokter dan peralatan medis)
  • Produk "share in jar" (produk yang dijual dalam kemasan lain yang lebih kecil) dengan jumlah > 10% dari keseluruhan jumlah produk yang dijual di toko
  • Produk bermerek yang tidak memiliki izin distribusi resmi dari pihak berwenang
  • Barang bekas
  • Parfum badan
  • Produk MLM
  • Lensa kontak
  • Voucher
  • Jasa yang tidak sesuai dengan Syarat & Ketentuan Shopee (Contoh: Jasa titip, jasa impor, jasa sewa, dan lainnya).

Proses menjadi Star Seller
Program ini dikhususkan bagi Penjual terpilih. Toko yang memenuhi kriteria akan mendapatkan undangan untuk menjadi Star Seller melalui notifikasi, dan akan menjadi Star Seller jika bersedia.

Jika Anda memenuhi seluruh kriteria, maka Anda akan menerima undangan untuk menjadi Star Seller pada bulan berikutnya.

Post a Comment

0 Comments